Pages

Fenomena Venus dan Jupiter Saling Mendekat


NEW YORK - Sebuah fenomena alam yang termasuk langka telah terjadi di alam semesta, ini ketika antara Planet Venus dan Jupiter saling mendekat seolah saling bersinggungan.

Peristiwa yang teridentifikasi pada subuh tadi tersebut menyebabkan kedua planet nampak saling membentuk planet ganda di langit timur. Tidak hanya itu saja, Mars dan Merkurius berada cukup dekat dari peritiswa ini.

"Jika cuaca cerah, kita bisa melihat planet ganda bersinar terang menembus cahaya fajar kemerahan," ujar astronom Space.com Joe Rao, yang dikutip Kamis (12/5/2011).

Akibat peristiwa ini, Venus akan bersinar terang, sedangkan Jupiter bersinar tak kalah terang sebesar -2,1 akan merapat sejarak 0,57 derajat. Jarak pisah ini cukup dekat atau sebanding dengan dua kali garis tengah Bulan.

Sementara agak ke bawah, terdapat Mars yang redup sehingga sulit tampak oleh mata telanjang. Sejak akhir April lalu, enam planet berada segaris di langit subuh.

Fenoma sejajar ini wajar terjadi karena planet-planet bergerak pada garis edar matahari atau yang biasa disebut sebagai garis ekliptika.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut