Pages

2011, China Mulai Bikin Stasiun Ruang Angkasa

China berencana meluncurkan modul pertama stasiun angkasa luar tahun depan. Menurut kantor berita Xinhua, modul laboratorium bernama Tiangong 1 atau 'Heavenly Palace' itu akan diluncurkan dalam versi modifikasi dari roket Long March 2F.

Tiangong 1 telah dirakit dan akan segera diuji. Sebagai permulaan, seperti VIVAnews kutip dari TGDaily, 5 Maret 2010, Tiangong 1 akan digunakan sebagai stasiun untuk berlabuh bagi pesawat angkasa luar lainnya.

Ada tiga misi pendaratan yang direncanakan dalam dua tahun ke depan, yakni pesawat angkasa luar Shenzhou-8, Shenzhou-9, dan Shenzhou-10, yang masing-masing mengangkut satu atau dua orang kru. Laboratorium seberat 8,5 ton tersebut memiliki panjang 30 kaki, dan tiga orang kru akan bertugas di situ.

Salah seorang pejabat pemerintah mengatakan, stasiun pendaratan itu akan menyediakan tempat yang aman bagi astronot-astronot China untuk tinggal dan melakukan penelitian di zona gravitasi nol.

Tiangong 1 sebenarnya dijadwalkan meluncur tahun ini, tetapi ditunda karena alasan teknis. Tidak ada jadwal pasti kapan stasiun angkasa luar tersebut dpat diselesaikan. China juga berencana meluncurkan misi bulan kedua pada akhir tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut